2/01/2016

MINYAK BUMI SERTA PROSES TERJADINYA YANG PATUT DIKETAHUI

Minyak Bumi jika diartikan dalam bahasa inggris adalah petroleum dan bila diartikan dalam bahasa latin adalah karang dan oleum. Serta minyak bumi juga sering dijuluki dengan emas hitam. Dalam pengetian minyak bumi atau emas hitam ini yakni dengan unsur cairan kental, memiliki warnacokelat gelap, serta kehijauan dan mudah terbakar dan biasa nya minyak bumi ini berada di dasar kerak bumi atau dasar bumi.

Minyak bumi ini juga terdiri dari beberapa hal diantaranya terdiri dari campuran hidrokarbon dan sebagian besar dari alkana dan bervariasi dalam kemurniannya. Minyak bumi juga mempunyai beberapa komposisi yakni yang tersusun atas senyawa hidrokarbon yang tidak sama atau berbeda-beda. Dalam komposisi tersebut minyak bumi memiliki senyawa hidrokarbon yang meliputi


ALKANA

Alkana sering kali dikenal dengan parafin. Parafin tersebut dengan pengetian senyawa hidrokarbon tersatuasi dan dalam senyawa itu mengandung rantai lurus/bercabang dan biasanya terdiri dari atom karbon dengan simbul (C) dan (H)

SIKLOALKANA

Biasa juga disebut senyawa hidrokarbon yang berbentuk cincin.

HIDROKARBON AROMATIK

Hidrokarbon ini adalah sesuatu yang tidak tersaturasi, dan bukan hanya memiliki satu cincin melainkan lebih dari satu cincin yang biasanya disebut planar karbon-6 atau dengan istilah cincin benzene. Jika hidrokarbon ini mengalami pemanasan/pembakaran maka akan menimbulkan asap yang begitu pekat yang berwarna hitam dengan istilah latin karsinogen dan biasanya bisa menjadi pemicu penyakit kanker.

Minyak Bumi juga terdapat beberapa kandungan unsure kimia yang patut diketahui diantaranya:
  • SULFUR (BELERANG)
Minyak bumi atau minyak mentah yang belum diolah sangat besar mengandung belerang, belerang ini biasanya mudah terbentuk dalam keadaan basah dan biasanya dikenal dengan istilah gasoline atau korosi.
  • OKSIGEN
  • NITROGEN
  • LOGAM
MINYAK BUMI SERTA PROSES TERBENTUKNYA

Minyak bumi awal mulanya terbentuk karena terurainya beberapa senyawa organik dari mikroorganisme dengan jutaan tahun didalam dasar laut dan di darat. Biasanya terjadinya uraian ini disebabkan oleh beberapa sisa tumbuhan dan hewan dan kemudian tertimbun oleh lumpur, dan oleh zat-zat yang lainnya. Dengan terjadinya penguraian selama berjuta tahun maka proses minyak bumi akan terbentuk secar perlahan dan minyak bumi ini adalah merupakan sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui.

HASIL DARI PENGOLAHAN MINYAK BUMI

Minyak bumi sampai sekarnag ini sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan tanpa sadar terkadang tidak mengetahui hal tersebut berasal dari olahan minyak bumi yang melalui berbagai proses. Hasil tersebut diantaranya:
  • Residu
  • Oli
  • Solar
  • Kerosin dan Avtur
  • Nafta
  • Petroleum Eter dan Bensin
  • Gas
Dampak yang akan timbul pad lingkungan jika minyak bumi terus digunakan
Dampak yang sangat besar terjadi bila minyak bumi ini digunakan secara terus menerus diantara:
  • Pemanasan global
  • Ekstrasi
  • Pencemaran Air
Sekian artikel yang bisa saya bagikan tentang minyak bumi semoga artikel ini bisa menjadi bahan pengetahuan baru bagi kita. Jika dalam penulisan artikel yang bertema minyak bumi ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf.

Tujuan penulisan artikel minyak bumi ini hanya semata untuk membagikan pengetahuan baru kepada pembaca. Sampaikan kritik dan saran kalian lewat kolom komentar. Terimakasih


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih Buat Sobat Semua Telah Berkunjung Di Blog Ini, Semoga Artikel Dalam Blog Ini Bisa Bermanfaat, Jika Ada Kesalahan Dalam Penulisan Artikel Maupun Kerusakan Dalam Beberapa Link, Mohon Disampaikan Lewat Kotak Komentar.

Atas Kerjasamanya Admin Mengucapkan Terimakasih.
----Demmy Saputra----